Turki dan Indonesia sepakat tingkatkan tren positif perdagangan kedua negara

0
70
Presiden Erdogan dan Presiden Jokowi.

ANKARA, TERKINI.COM- Pemerintah Indonesia dan Turki sepakat untuk mengembalikan tren positif perdagangan dan investasi kedua negara serta mengembangkan potensi lain seperti bidang pertahanan, energi, dan penanggulangan terorisme.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi melalui akun Facebooknya. “Saya bertandang ke Istana Kepresidenan Turki di Ankara hari ini disambut tuan rumah dengan sambutan kenegaraan nan unik. Di antara jajar kehormatan ada sepasukan prajurit berbusana perang Turki dari zaman ke zaman. Merhaba Asker,”ungkapnya.

Diungkapkan, kerja sama industri pertahanan yang sudah terwujud antara lain berupa peluncuran tank kelas menengah “Kaplan” produksi bersama Indonesia dan Turki. Juga ada kesepakatan yang telah dituangkan ke dalam bentuk nota kesepahaman antara PT Dirgantara Indonesia dengan Turkish Aerospace Industry, serta menambah kerja sama di bidang pembuatan kapal selam dan truk.

Di bidang energi, Indonesia memperoleh sokongan dalam hal penyediaan energi listrik di wilayah kepulauan Indonesia. Sejumlah kapal pembangkit listrik asal Turki telah beroperasi di Medan, Amurang, Bolok, dan Ambon untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di wilayah tersebut.

“Selain isu bilateral, saya dan Presiden Erdo─čan juga berbicara untuk ambil bagian dalam penyelesaian permasalahan global, salah satunya persoalan diplomasi yang kini sedang dihadapi oleh negara Qatar,”tuturnya.

Seraya menambahkan, terakhir, soal penanganan terorisme global, kedua negara memiliki pandangan yang sama. Indonesia dan Turki sepakat untuk meningkatkan kerja sama terkait Foreign Terrorist Fighters melalui informasi intelijen dan juga pembangunan sistem informasi dan teknologi di bidang intelijen. (TC)

LEAVE A REPLY