Solidaritas Petani Kendeng, Warga Jerman menyemen kaki

0
56

HEIDELBERG, TERKINI.COM- Sejumlah warga Jerman hari ini melakukan aksi menyemen kaki selama enam jam di depan gedung Stadthalle, kota Heidelberg, Jerman, bertepatan dengan rapat umum pemegang saham HeidelbergCement AG.

Gunarti, wakil petani Pati, berbicara selama lebih dari 15 menit di hadapan ratusan pemegang saham, jajaran direksi, dan komisaris atas prakarsa Asosiasi Pemegang Saham Kritis (Verband der Kritischen Aktionaere).

Pada kesempatan itu, Gunarti juga menyerahkan 6.000 tandatangan warga dan petani yang menolak pendirian pabrik kepada para direksi.

Usai rapat pemegang saham, CEO HeidelbergCement, Bernd Scheifele keluar gedung dan mendatangi Gunarti untuk menyatakan bahwa pihaknya “belum yakin” apakah akan melanjutkan rencana menambang karst dan mendirikan pabrik semen di Pati.

“Saya juga mencintai lingkungan. Ayah saya memiliki hutan,” kata CEO raksasa semen dunia itu kepada Gunarti (10/05/2017).

Sebagaimana diketahui, melalui anak usahanya, PT Indocement Tunggal Prakarsa dan PT Sahabat Mulia Sakti, HeidelbergCement hendak mendirikan pabrik ke-15 di Pati dengan kebutuhan lahan mencapai 2.700 hektare untuk pabrik dengan kapasitas 4 juta ton per tahun.

Namun dalam paparannya di hadapan pemegang saham, Scheifele menyatakan bisnis semennya di Indonesia sedang mengalami masa yang sulit karena banyaknya pesaing. Ia juga menyatakan, dalam 10 hari ke depan, pihaknya akan berbicara dengan manajemen Indocement di Jakarta.

Aksi diakhiri pukul 15.00 dengan pembongkaran pasung-pasung semen (Dandhy Dwi Laksono)

LEAVE A REPLY