PermataBank dan workOUT Dukung Gerakan Kewirausahaan Nasional

0
98

JAKARTA, TERKINI.COM – PermataBank bekerjasama dengan workOUT space menggelar Permata Entrepreneurship Workshop sebagai salah satu upaya mendukung Gerakan Kewirausahaan Nasional.

Acara tersebut menghadirkan Achmad K Permana – Direktur PermataBank Syariah yang mewakili pimpinan
korporasi; Sandiaga Uno – Social Entrepreneur dan Co-Founder Mien R. Uno Foundation dan Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia (AKSI); dan Chikita Fawzi – Co-Founder Monso House, pekerja kreatif dan animator muda.

Gerakan Kewirausahaan Nasional bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengusaha Indonesia guna mendongkrak ekonomi Indonesia. Saat ini jumlah pengusaha di Indonesia hanya sekitar 1,65 persen dari jumlah penduduk, sementara Singapura sebesar tujuh persen, Malaysia lima persen, dan Thailand empat persen.

Menurut Menteri Koperasi dan UKM  Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga , bertambahnya jumlah pengusaha bisa yang diikuti dengan bertambahnya lapangan pekerjaan akhirnya akan meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat.

Achmad mengatakan, PermataBank mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan jumlah pengusaha di Indonesia melalui Permata Student Entreprener.

“Kami memberikan kesempatan kepada anak-anak SMU/SMK untuk mengalami langsung bagaimana cara membangun dan mengelola perusahaan siswa dengan produk yang mereka buat sendiri. Melalui PSEP, kami percaya mereka akan mengerti dasar-dasar kewirausahaan baik dari sisi teori maupun praktek karena kami juga melibatkan pemangku kepentingan PermataBank untuk ikut berpartisipasi memberikan inspirasi bagi anak-anak, diantaranya melalui kunjungan pabrik, mentoring
serta sesi workshop seperti yang dilakukan sore ini.”paparnya.

Sementara itu Sandiaga Uno, Social Entrepreneur dan Co-Founder Mien R. Uno Foundation dan Asosiasi Kewirausahaan Sosial Indonesia (AKSI), mengatakan, Wirausahawan/wati harus mempunyai mindset yang perlu terus dibina dan harus peka terhadap lingkungan. “Kita harus terus semangat, dan tahu apa yang terjadi di sekitar kita, dapat mengidentifikasi masalah dan segera mencari solusinya. Prinsip Kerja saya adalah  “4 Kerja”: Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas. Saya percaya dengan menerapkan prinsip ini, kita semua pasti mendapatkan hasil yang terbaik,” ujar
Sandi

Chikita Fawzi – Co-Founder Monso House, pekerja kreatif dan animator mengaku senang menjadi bagian dari program pengembangan kewirausahaan ini dimana dia bisa berbagi pengalaman di industri kreatif. “Kreatifitas dapat menambah nilai jual suatu produk dan saya berharap dapat berbagi kreatifitas dengan teman-teman yang telah menghasilkan produk-produk menarik ini sehingga dapat bernilai ekonomis lebih baik.”tuturnya.

Para pimpinan perusahaan dan inspirator tersebut berbagi pengalaman dalam menjalankan korporasi dan usahanya kepada siswa/i SMK dari 3 sekolah binaan PermataHati yaitu SMK Farmasi DITKESAD (Citra Dahayu Co), SMKN 5 (SciTech Company) dan SMK Bina Informatika (Pixel Company).

Menurut Alfianto Domy Aji, External Comm – Corp Affairs PermataBank WTC II Jakarta, kegiatan yang dilakukan untuk menyambut Hari Kewirausahaan Nasional yang jatuh pada tanggal 16 Juni ini sekaligus dijadikan sebagai ajang menghadapi ‘Jakarta Student Company Competition’ pada tanggal 12 Juni 2015 mendatang.

Ketiga perusahaan siswa tersebut akan bersaing dengan 6 perusahaan siswa lainnya dari seluruh Jakarta, untuk mempresentasikan bisnis dan produk mereka. Total Perusahaan Siswa yang dipertandingkan ada 47 Perusahaan dari 9 kota di Indonesia, yaitu: 10 Jakarta, 7 Surabaya, 5 Bandung, 4 Medan, 6 Semarang, 5 Kalimantan dan 1 Klaten, mereka akan diseleksi dan dipilih sebagai Perusahaan Siswa terbaik dari masing-masing kota dan hanya ada 12 Perusahaan Siswa yang akan melaju ke kompetisi tingkat Nasional ‘Indonesia Student Company Competition’ yang akan diselenggarakan pada akhir bulan Agustus 2015.(Wan)

LEAVE A REPLY