Pemerhati lingkungan sebarkan petisi #JagaHutan

0
72

JAKARTA, TERKINI.COM- “Hutan itu Indonesia,” sebuah gerakan terbuka yang ingin menumbuhkan kecintaan terhadap hutan Indonesia melalui pesan-pesan positif, meluncurkan petisi perlindungan hutan Indonesia melalui change.org.

Petisi yang disebarkan melalui media sosial dengan tagar #JagaHutan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kekayaan hutan Indonesia dan bagaimana semua warga dapat berkontribusi untuk menjaga hutan.

Petisi ini Diajukan kepada Presiden Republik Indonesia, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta para gubernur yang memimpin provinsi berhutan luas di Indonesia.

“Melalui petisi ini masyarakat dapat meminta pemerintah untuk memperkuat perlindungan hutan sebagai bagian penting dari identitas bangsa Indonesia, salah satunya melalui perayaan Hari Hutan Indonesia,”kata Leony Aurora, Ketua perkumpulan Hutan itu Indonesia yang menjadi inisiator petisi ini melalui rilisnya yang diterima Terkini.com (14/04/2017).

“Mungkin kita merasa hutan itu jauh, bahkan sebagian dari kita belum pernah masuk ke hutan. Sebenarnya, hutan itu punya peran besar dalam hidup kita sehingga perlu kita jaga. Dengan turut menandatangani petisi #JagaHutan, kita bisa ikut melindungi hutan dan meyakinkan semua pihak bahwa kelestarian hutan Indonesia penting bagi bangsa Indonesia.”tuturnya.

Saat ini Indonesia belum memiliki hari khusus untuk merayakan kekayaan hutannya, padahal di tingkat global, sudah ada hari hutan internasional.

“Kita memiliki hutan tropis terluas ketiga di dunia. Momentum hari Hutan Indonesia di tingkat nasional bisa menjadi salah satu cara untuk mengingatkan kita semua akan anugerah ini,” kata Leony.

“Hutan Indonesia itu keren. Pengalamanku ke Hutan Manusela di pulau Seram, Maluku, betul-betul membuka mata bukan cuma akan pohonnya yang cantik, tapi udaranya, suasananya, satwanya, kehidupan masyarakatnya, kearifan lokalnya, dan segalanya. Bayangkan kalau ini semua bisa kita pelihara, bukan cuma di Maluku, tapi di seluruh Indonesia,” kata Glenn Fredly, salah satu musisi pendukung program Musika Foresta yang diusung gerakan Hutan itu Indonesia.

“Yuk, kita lindungi hutan Indonesia, ikut tanda tangani petisi ini, supaya kita sama-sama mendukung perlindungan hutan Indonesia yang lebih baik,” tambahnya lagi.

Indonesia memiliki hutan hujan tropis terluas ketiga di dunia dan merupakan salah satu dari 17 negara dengan mega keanekaragaman hayati. Kawasan hutan Indonesia mencapai 133 juta ha dan merupakan rumah bagi 10% jenis flora di dunia, 12% jenis mamalia, dan 17% jenis burung.

Untuk menandatangani, berpartisipasi dan mendapatkan informasi lengkap mengenai petisi #JagaHutan, silakan kunjungi https://www.change.org/jagahutan. (TC)

LEAVE A REPLY