Menteri KKP Susi Pudjiastuti dianugerahi Peter Benchley Ocean Awards

0
89

WASHINTONG DC, TERKINI.COM- Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti dianugerahi penghargaan maritim Peter Benchley Ocean Award dalam kategori kepemimpinan pada Kamis 11 Mei 2017 atas visi dan kebijakan pembangunan ekonomi dan konservasi laut di Indonesia.

Menteri Susi selama ini, salah satu menteri progresif dan konservasionis yang ingin berupaya melestarikan kekayaan laut Indonesia dengan berbagai kebijakan proteksi yang mengarah pada upaya konservasi laut, namun tak sedikit kebijakannya menunai penolakan dari nelayan dan pengusaha perikanan. Berikut ini sejumlah kebijakan Menteri Susi yang dianggap bermasalah diantaranya:
– Permen KKP No. 56/2014 tentang moratorium kapal asing dan eks asing
– Permen KKP No. 57/2014 tentang larangan transhipment (alih muatan)
– Permen KKP No. 01/2015 tentang pelarangan penangkapan lobster, kepiting dan rajungan
– Permen KKP No. 02/2015 tentang Larangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela (Trawls) dan Pukat Tarik (Seine Nets)

Bagi Susi, pengharagaan ini meyakinkan apa yang ia lakukan di Indonesia selama ini sudah benar. “Ya, meyakinkan saya bahwa apa yang kita lakukan sudah benar.Apalagi secara parameter ekonomi kan juga sangat luar biasa. Jadi kita melihat bahwa perang melawan illegal fishing ini adalah perang yang menguntungkan. Tidak ada perang yang menguntungkan selain perang melawan illegal fishing,” kata Susi seperti dikutip dari VOA.

“Tentu saja sensasi tentang saya yang ada di media adalah ‘oh dia menenggelamkan lagi kapal-kapal nelayan asing, atau oh dia mengeluarkan kebijakan baru.’ Tetapi kebijakan itu dibuat bukan tanpa pemikiran mendalam dan target. Buktinya hasil yang dicapai memang luar biasa,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut ia membeberkan, biaya menenggelamkan sekitar 360 kapal asing yang mencapai enam juta dolar itu. “Kami bisa meningkatkan tangkapan ikan dan pendapatan nelayan-nelayan kami? Bahkan ikan-ikan yang selama ini menghilang, sekarang ada lagi. Juga dampak kebijakan-kebijakan lain,”tandasnya.

Peter Benchley Ocean Awards adalah penghargaan maritim tertinggi di dunia yang bersifat unik, karena tidak saja mengakui prestasi yang dicapai pembuat kebijakan publik tetapi juga warga masyarakat dalam menyelamatkan laut. Tak heran jika penerima hadiah ini sebelumnya cukup bervariasi mulai dari presiden dan menteri, hingga aktivis, penjelajah, penyelam, jurnalis foto hingga sutradara film dan media. (TC)

(TC)

LEAVE A REPLY