MENLHK : Jadikan Hutan Kita Kampus Kita

0
128

YOGYAKARTA, TERKINI.COM- 67 tahun merupakan cerita yang cukup panjang bagi Universitas Gajah Mada, sebagai lembaga pendidikan institusi ini telah banyak menghasilkan putera putri terbaik bangsa.

Banyak orang besar yang lahir dari kampus ini bahkan beberapa menteri pada Kabinet Kerja, serta Presiden Republik Indonesia saat ini pun, merupakan tempaan universitas ini.

Dalam acara Dies Natalisnya, Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mendapatkan kesempatan untuk hadir dan menyaksikan secara langsung sebuah cerita sejarah pendidikan.

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Keluarga Alumni Resimen Mahasiswa Universitas Gadjah Mada, yang telah menginisiasi kegiatan Bakti Sosial Penanaman Pohon sebagai wujud nyata kecintaan UGM terhadap lingkungan,” kata Siti Nurbaya saat menyampaikan sambutan (17/12/2016).

Siti juga menyampaikan, bahwa inisiatif ini menunjukkan bahwa UGM mendukung penuh usaha Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam menyukseskan program penanaman pohon sebagai bagian dari bentuk komitmen pemerintah Indonesia dalam menyikapi berbagai ancaman perubahan iklim saat ini.

Siti mengharapakan agar civitas akademi UGM ini secara terus-menerus berperan aktif dalam pemeliharaan pohon-pohon ini di masa depan.

Kegiatan menanam pohon ini dilaksanakan di Kampung Jurang Rejo, Desa Srumbung, Magelang, dan dilaksanakan bersama 1.000 orang yang merupakan gabungan dari mahasiswa dan masyarakat. Dukungan juga hadir dari siswa-siswa sekolah Taruna Nusantara, tak luput TNI dan Polri juga ikut dalam kegiatan menanam pohon ini.

Ada harapan yang disampaikan oleh Menteri LHK pada kesempatan itu, yang dipergunakannya juga untuk memberikan bantuan sebanyak 12.000 bibit batang pohon kepada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang.

Ia berharap agar seluruh hasil-hasil penelitian dari UGM dapat diimplementasikan di lapangan terutama yang terkait dengan bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sehingga dapat menjadi masukan bagi perbaikan kinerja pemerintah saat ini, dan diharapkan seluruh hasil penelitian tersebut  dapat dirasakan dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Kementerian LHK akan terus mendukung secara penuh program-program UGM terutama yang mendukung kegiatan lingkungan hidup dan kehutanan dan akan terus berupaya melangkah, mendorong penanaman pohon bersama dan menggalakkan program tanam 25 pohon selama kita hidup.

“Kita lakukan secara sistematis dengan pendekatan tapak demi tapak kita tanami, sehingga tapak demi tapak pula yang akan menghijau, sampai akhirnya satu kawasan besar akan menghijau karena tertanami seluruhnya”, ujar Siti Nurbaya.

Ia menutup sambutannya dengan pernyataan, “Jadikan kampus kita hutan kita, begitu pula hutan kita adalah kampus kita”.(TC)

LEAVE A REPLY