Luasan populasi pohon sagu di Sultra kini terus menepis

0
102

KONAWE, TERKINI.COM- Luasan populasi tanaman sagu diperkirakan kini terus menipis, seiring alih fungsi lahan  dan ekspansi industri ekstraktif di wilayah Sulawesi Tenggara. Pemberian ijin untuk perkebunan sawit, tebu dan pertambangan  oleh pemerintah, diduga sebagai salah satu faktor berkurang populasi  pangan lokal tersebut.

Di wilayah Kabupaten Konawe misalnya, data pemerintah setempat tercatat luas areal tanaman sagu kini tersisa 2.068 hektare dan tersebar pada 22 wilayah kecamatan di Konawe. Selain di Konawe, populasi pohon sagu juga diduga kian menipis  di wilayah Konawe Selatan dan Konawe Utara akibat alih fungsi lahan.

Jejak pembuatan sagu di wilayah Meluhu. foto: Yoshasrul
Anakan pohon sagu yang kian menipis. foto: Yoshasrul

Pemerintah Kabupaten Konawe sendiri mengaku prihatin dengan makin berkurangnya populasi pohon sagu mengingat sagu merupakan makanan pengganti yang telah dikonsumsi secara turun temurun oleh masyarakat Konawe. Kondisi tersebut membuat pemerintah Konawe berencana untuk membudidayakan tanaman sagu, sebagai langkah mengembalikan kejayaan tanaman sagu di daerah tersebut.

“Kita harus membudidayakan kembali tanaman sagu, sebab, selain sebagai bahan makanan, sagu juga dapat dimanfaatkan sebagai industri lem kayu lapis dan bioetanol, sehingga bila dikelola dengan baik akan banyak manfaat bagi kesejahteraan rakyat,”kata Kerry Konggoasa, Bupati Konawe. (Yos Yasharul/SN)

LEAVE A REPLY