Live : World Press Freedom Day 2017 di Jakarta

0
88

Live sharing jurnalisme investigatif dari tim panama papers#SpotlightOnIvestigativeJournalism yang merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Kebebasan Pers Dunia (World Press Freedom Day)2017 diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) hari ini.

Sesi sharing jurnalisme investigatif dari tim panama papers hari ini juga menghadirikan jurnalis asal Indonesia Wahyu Diatmika sebagai salah satu narasumber. Wahyudiatmika saat ini bekerja di Tempo dan aktif di Aliansi Jurnalis Independen (AJI) serta termasuk salah satu tim investigasi panama papers.

Sekedar diketahui acara World Press Freedom Day (WPFD) 2017 yang digelar dari tanggal 1-4 Mei 2017 mengangkat tema “Critical Minds for Critical Times: Media’s Role in Advancing Peaceful, Just, and Inclusive Society”.

WPFD yang diperingati setiap 3 Mei mengajak wartawan mengevaluasi kebebasan pers di seluruh dunia, mempertahankan media dari serangan terhadap kebebasan mereka, serta memberikan penghormatan kepada wartawan yang telah kehilangan nyawa saat menjalankan profesinya.

Menurut Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, tema tersebut diangkat sebagai bentuk solidaritas dunia untuk mencegah kekerasan terhadap wartawan yang terjadi di mana-mana, terutama di Timur Tengah dan Amerika Latin.

“Tetapi di luar itu munculnya hoax dan fake news juga menjadi perhatian dunia. Kita ingin mendorong supaya pada momen WPFD kita memikirkan tentang peran penting jurnalisme untuk mengabdi pada kepentingan publik,” tuturnya. (TC/L6)

LEAVE A REPLY