Kebijakan penyiaran menentukan pola pikir bangsa

0
77

JAKARTA, TERKINI.COM- Sekretaris Fraksi PKS DPR RI Sukamta mengatakan kebijakan penyiaran sebuah bangsa menentukan watak bangsa tersebut.

Hal ini disampaikan sukamta dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema “Kebijakan Penyiaran untuk Kepentingan Rakyat” di ruang Aspirasi Rakyat Fraksi PKS DPR RI kemarin.

“Dunia Penyiaran menjadi semacam tongkat sihir yang dapat membentuk watak, kepribadian, karakter, dan bahkan mengarahkan pola pikir suatu bangsa kedepannya,” kata Sukamta.

Perubahan Sosial karena adanya kemajuan teknologi menjadi tantangan sendiri dalam mencapai tujuan Penyiaran.

Di dalam Undang-Undang dijelaskan bahwa tujuan penyiaran diantaranya untuk memperkukuh integrasi nasional,terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertakwa, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan  kesejahteraan umum dalam rangka membangun masyarakat  yang mandiri, demokratis adil dan sejahtera, serta menumbuhkan industri penyiaran Indonesia.

Meneguhkan jati diri bangsa dalam tujuan penyiaran di dalam lingkungan sosial politik  yang terus berubah sebagai imbas dari kemajuan teknologi yang terus berkembang dari analog ke digital.

“Kita dapat melakukan beberapa langkah yang bisa dilakukan diantaranya konveregensi media , antara televisi dan radio dapat terhubung dengan internet dan media sosial, Melakukan efisiensi dan efektifitas lembaga penyiaran pubik kita , Peleburan antara TVRI, RRI, dan Antara secara Organisatoris”, kata Sukamta.

Fraksi PKS DPR RI menyelenggarakan FGD bertema “Kebijakan Penyiaran untuk Kepentingan Rakyat” di ruang Aspirasi Rakyat Fraksi PKS DPR RI, Rabu (24/05). FGD ini dihadiri oleh Ketua Asosiasi Televisi Swasta Indonesia Dr. Ishadi SK., M.Sc.,  Koalisi Nasional Reformasi Penyiaran Dr. Eny Maryani, M. M.Si., Ketua Komisi 1 DPR RI Ketua Komisi I DPR RI Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari, Sekretaris Fraksi PKS DPR RI Sukamta Ph.D, dan stake holder penyiaran nasional lainnya. Kebijakan di sektor penyiaran diharapkan lebih berpihak pada kepentingan rakyat daripada kepentingan pemilik modal.(TC)

 

LEAVE A REPLY