Jejak Macam Tutul kembali terlihat di Cagar Alam Cabak

0
196

JAKARTA, TERKINI.COM- Tim Patroli Resort Pati Timur, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah Kementerian Lingkungan Hidup menemukan jejak yang diperkirakan Macan Tutul di kawasan Cagar Alam (CA) Cabak, Senin (27/02/2017).

Penemuan jejak ini terdapat pada titik koordinat (49M 558014 9222031) UTM. Jejak yang ditemukan berukuran ± 7 cm, sedangkan diameter jejak kaki Macan Tutul diketahui umumnya berukuran antara 7 – 9 cm. Identifikasi lebih lanjut dilakukan tim patroli melalui pencetakan dengan menggunakan gypsum.

Informasi tersebut diperoleh Terkini.com dari Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Djati Witjaksono Hadi (07/03/2017).

Ia menambahkan, pemasangan kamera jebak (camera trap) juga akan dilakukan untuk memantau keberadaan Macan Tutul di CA Cabak.

CA Cabak adalah kawasan konservasi seluas 33,4 ha yang terletak di Desa Cabak, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah. Kawasan ini ditunjuk sebagai cagar alam berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada tanggal 21 Februari 1919, No. 6 Lembaran Negara Hindia Belanda tahun 1919, No. 90. Status tersebut diperkuat dengan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor SK.359/Menhut-II/2004 tanggal 1 Oktober 2004.

Tahun 1914 Kooders pernah melakukan penelitian botani di lokasi ini, dalam penelitiannya Kooders telah mencatat 105 jenis tumbuhan yang ada di kawasan ini.

Berdasarkan penelitian Dr. Hendra Gunawan pada tahun 2010, lokasi CA Cabak merupakan habitat Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas), karena satwa ini menyukai tipe hutan alam kering serta adanya ketersediaan pakan seperti kijang, landak, merak dan sumber air.

Penemuan satwa ini merupakan berita yang menggembirakan bagi dunia konservasi satwa liar, sebagaimana sebelumnya telah ditemukan tanda-tanda keberadaan Macan tutul di SM Cikepuh, Provinsi Jawa Barat pada awal Februari 2017 lalu. Dengan ditemukannya satwa-satwa tersebut, diharapkan dapat menjadi indikator pengelolaan kawasan konservasi yang baik dan perlu dipertahankan.(TC)

LEAVE A REPLY