Inilah penyebab kemenangan Ahok di TPS Habib Rizieq

0
593
Foto : CetroAsia.com

JAKARTA, TERKINI.COM- Pasangan nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat menang tipis atas pasangan nomor 3, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di TPS 17 Petamburan, Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2017).

Ahok-Djarot menang setelah mendapatkan 278 suara. Disusul pasangan Anies-Sandi, yang mendapatkan 212 suara. Pasangan Agus-Sylvi, hanya mendapatkan 38 suara. Apa penyebabnya?

TPS 17 Petamburan berada dekat dengan markas Front Pembela Islam (FPI). Pimpinan FPI, Habib Rizieq Shihab, juga memberikan suara di tempat ini pada pukul 10.00 WIB.

Dikutip dari laman cetroasia.com, tidak mengejutkan jika pasangan Ahok-Djarot memperoleh kemenangan di TPS tersebut karena mayoritas penghuni kompleks Kristen Bethel Petamburan yang tak lain para pendukung Ahok menyalurkan hak suaranya di TPS tersebut.

Padahal biasanya di setiap Pemilu, para penghuni Komplek Kristen Bethel Petamburan menggunakan TPS terpisah berada di depan Gereja Bethel di Petamburan 4, tidak di Petamburan 3.

Yang menarik justru angka perolehan suara pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Pasangan Anies – Sandi memperoleh 212 suara.

Angka ini dinilai unik karena sama dengan tanggal aksi 212 yang dipelopori FPI beserta sejumlah ormas Islam dalam rangka menuntut keadilan yang dilaksanakan pada 12 Desember tahun lalu. (ca/nnk)

LEAVE A REPLY