Hampir seluruh Kota Kendari terkepung banjir

0
138

KENDARI, TERKINI.COM- Kota Kendari kembali terendam banjir, bahkan banjir kali ini sangat parah, karena hampir seluruh kota terkepung banjir.

Hampir sehari penuh kota kendari lumpuh total oleh bencana banjir dan tanah longsor terjadi di sejumlah lokasi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Diperkirakan ribuan rumah terendam akibat meluapnya seluruh sungai yang selama ini melintas dalam kota.

Tak hanya itu, bencana tanah longsor juga terjadi di beberapa lokasi dan  merusak sejumlah fasilitas seperti tanggul,  pipa air bersih dan memutus akses jalan warga. Seperti yang terjadi di Jalan Bunga Kolosua, Kelurahan Kemaraya, Kota Kendari sebuah jalan yang menghubungkan pemukiman warga di wilayah itu terputus akibat tanah longsor tergerus air sungai.

Di Kelurahan Lahundape, warga terpaksa membobol tembok pagar kantor pemerintah agar dapat dilalui aliran air banjir yang menerjang pemukiman warga. “Terpaksa Kami bongkar karena air tertampung dalam pemukiman ,”kata Arik seperti dikutip dari Sultranews.com.

Masih di wilayah yang sama, banjir juga merendam puluhan rumah warga di perumahan kampus lama Kemaraya dan merusak akses jalan di wilayah jalan Nusa Indah dan sekitarnya.

Di kelurahan Andounohu, banjir merendam rumah toko dan jalan raya membuat transportasi di wilayah tersebut lumpuh total. Kondisi yang sama terjadi di wilayah Lepo-lepo, Baruga dan Kampung Salo.

Nampaknya banjir kali ini merupakan siklus banjir lima tahunan, dimana bencana yang  sama pernah terjadi tahun 2013 silam, kala itu banjir merendam  separuh kota dan melumpuhkan aktifitas ekonomi warga. (SN)

LEAVE A REPLY