DPR suarakan isu energi dan lingkungan di Forum Parlemen Asia

0
121

BAHRAIN, TERKINI.COM- Delegasi DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) Rofi Munawar menghadiri Sidang Komisi Ekonomi dan SDGs Parlemen Asia (Asian Parliamentary Assembly/APA) di Manama, ibukota Bahrain, 24-27 Maret 2017.

Pada sidang tersebut, Rofi menekankan komitmen Indonesia untuk mengedepankan konsumsi energi yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dan ramah lingkungan (clean energy).

“Indonesia secara perlahan mengurangi subsidi bahan bakar fosil dan mendorong penggunaan energi alternatif,” kata Rofi melalui keterangan tertulisnya kepada Terkini.com (27/04).

Lebih lanjut, anggota Komisi VII DPR RI itu meminta negara-negara anggota APA menjalin kerjasama untuk mengembangkan energi ramah lingkungan (clean energy) yang dapat diperbarui dan terjangkau melalui inisiatif penelitian bersama dan transfer teknologi.

“Parlemen Asia perlu mendorong pengembangan energi matahari, air dan angin,” papar wakil rakyat PKS dari Daerah Pemilihan Jawa Timur VII ini.

Selain soal energi alternatif, hal lain yang disoroti Rofi adalah terkait isu lingkungan. Ia mengapresiasi negara-negara anggota APA yang berkomitmen dengan semua instrumen hukum internasional guna melindungi dan melestarikan lingkungan. Kendati demikian, Rofi menggarisbawahi peran swasta (private sector) untuk berpartisipasi menjaga lingkungan.

“Kami menekankan semua pihak termasuk sektor swasta agar memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Pihak swasta yang merusak dan mencemari lingkungan seharusnya dijerat secara hukum,” desak politisi kelahiran Lamongan, Jawa Timur ini.

Seraya menambahkan, sidang Komisi Ekonomi dan SDGs tersebut diikuti 22 parlemen dari Asia. Isu-isu lain yang dibahas adalah terkait air dan sanitasi, pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, dan peran parlemen untuk memastikan terwujudnya target-target SDGs. Parlemen Asia juga memuji DPR RI yang memiliki Panja SDGs. (TC)

LEAVE A REPLY