Besok awal puasa Ramadhan 1438 H

0
160

JAKARTA, TERKINI.COM- Kementerian Agama dan sejumlah organisasi Islam di Indonesia malam ini baru saja menggelar sidang isbat untuk menentukan permulaan puasa Ramadhan tahun 2017 ini.

“Kami baru saja menyelesaikan sidang isbat untuk menentukan kapan dimulai puasa tahun ini. Diawali dengan mendengarkan pemaparan hilal awal Ramadhan 1438 H oleh tim hisab rukyat Kementerian Agama. Posisi hilal tak hanya dari seluruh tanah air, tapi juga seluruh dunia,” kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kementerian Agama, Jakarta (26/05/2017).

Berdasarkan perhitungan rukyat atau pengamatan kasat mata di Sulawesi Utara, Kepulauan Seribu, berhasil melihat hilal. “Semua peserta sidang sepakat bahwa malam ini memasuki 1 Ramadhan,” kata Menteri Agama, saat memberikan keterangan pers.

“Oleh karena itu, besok pagi, Sabtu, 27 Mei 2015 kita awali puasa Ramadhan tahun ini,” ucapnya.

Menurut Lukman, kesepakatan sidang isbat dibuat berdasarkan dua hal, yaitu perhitungan hisab dan laporan petugas tersumpah di lapangan yang melihat hilal.

“Malam ini sudah memasuki 1 Ramadhan, bertepatan dengan 26 Mei 2017,”tuturnya.

Tak lupa Menteri Agama mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa. “Semoga kita mampu menjaga kesucian bulan Ramadhan, bulan yang penuh istimewa, sehingga pada ujungnya nanti kita kembali kepada kefitrian kita. Kita betul-betul kembali suci, kembali ke jati diri kemanusiaan kita,”imbuhnya

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa Ramadhan 1438 H jatuh pada 27 Mei, merujuk hasil perhitungan astronomi ahli falak (TC)

LEAVE A REPLY