Anies-Sandi menang Pilkada Jakarta versi motede Exit Poll

0
136

JAKARTA, TERKINI.COM- Sebelum sejumlah lembaga survei merilis hasil perhitungan cepat atau quick count Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Lembaga Kajian Pemilu Indonesia telah menempatkan pasangan Anies Rasyid Baswedan- Sandiaga Salahuddin Uno sebagai pemenangan Pilkada DKI Jakarta berdasarkan survei diperoleh dari metode Exit poll.

Direktur Lembaga Kajian Pemilu Indonesia Arifin Nur Cahyono menyebutkan, Anies-Sandi memperoleh 51,1 persen. Sedangkan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat 48,9 persen.

“Ketika masyarakat pemilih ditanyakan saat hendak masuk TPS akan memilih pasangan calon kepala daerah Daerah DKI Jakarta di lima kota dan satu kabupaten maka didapati Anies – Sandi: 51,1 persen dan Basuki-Djarot: 48,9 persen,” kata Arifin, Rabu (19/4) seperti dikutip dari Jawapos.com.

Dikatakannya, dalam exit poll ini, pemilih diwawancarai ketika sebelum masuk dan dan keluar tempat pemungutan suara (TPS). Hasilnya, Anies-Sandi kembali unggul.

“Dan ketika masyarakat pemilih sudah keluar dari TPS ditanyakan memilih siapa dari kedua calon pasangan kepala daerah DKI Jakarta maka didapati hasil temuan yang memilih Anies -Sandi 52,6 persen, Basuki-Djarot 47,4 persen,” paparnya.

“Dengan demikian maka pasangan Anies-Sandi akan terpilih sebagai gubenur dan wakil gubenur baru DKI Jakarta,” simpul Arifin.

Exit poll ini dilakukan mulai pukul 8.00 di 2.416 dari 13.034 TPS yang tersebar di DKI Jakarta. Adapun Margin of error exit poll ini kurang lebih 1,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Kendati sudah ada hasil exit poll, namun hasil yang paling valid harus menunggu real count di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Langkah lain yang cukup bisa diyakini hasil Pilkada putaran dua DKI Jakarta ini menunggu hasil hitung cepat yang bakal diketahui sore nanti oleh sejumlah lembaga yang melakukan quick count. (JP)

LEAVE A REPLY