Anggota DPR RI ini bantu korban banjir Tegal-Brebes

0
112

BREBES, TERKINI.COM – Wakil Ketua Komisi X DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah IX, Fikri Faqih pagi ini memberikan bantuan kepada para korban banjir di Kabupaten Brebes dan Kota Tegal, Sabtu (18/2).

Bantuan diberikan dalam rangka meringankan penderitaan 4.900 lebih warga yang terkena banjir yang mulai meluap sejak semalam.

“Pagi ini saya meluncur ke Tegal – Brebes untuk meninjau beberapa daerah yg kena b, ke Limbangan dan Gandasuli¬† Brebes. Perjalanan juga dilanjutkan ke Sumurpanggang dan Kaligansa wetan Kota Tegal,” papar Fikri di sela pembagian nasi bungkus ke warga terdampak (18/2).

Saking sulitnya evakuasi, beberapa warga pun memilih untuk tetap bertahan di lantai dua rumahnya masing-masing. Hal ini tak ayal mendorong Fikri untuk manjat ke atas punggung relawan, semata untuk memberikan bantuan nasi bungkus agar tercukupi kesediaan makanan.

“Bantuan yang diserahkan berupa 5000 nasi bungkus, 100 dus mie instan, 25 dus pempers untuk anak2, dan roti mari untuk ibu hamil 50 dus. Serta 100 dus air minum kemasan, dan operasional dapur umum di Brebes,” jelas Mantan Guru SMK di Kota Tegal ini.

Menurut pantauan, hujan lebat terjadi sejak semalam. Hingga kini meski tidak ada hujan susulan yang lebat, namun air belum surut. Ketinggian air masih di atas lutut kaki orang dewasa. Minimnya sarana evakuasi dari petugas setempat, membuat warga lebih memilih bertahan, berharap hujan segera reda dan banjir pun cepat surut.

“Menurut informasi, Bendungan Kali Pemali di Terlangu Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes jebol. Ini harus segera ditangani, mulai dari hulu hingga hilir. Senin sudah sekolah. Jangan sampai mereka tidak bisa sekolah, karena lambatnya penanganan,” jelas Fikri didamping Tim Kepanduan PKS setempat.

Sebelumnya, pada Jumat (16/2) malam kemarin, banjir akibat meluapnya Sungai Sigeleng masih menggenangi permukiman penduduk di Limbangan, Brebes, Jawa Tengah.

Sebelumnya, Jumat (17/2), ribuan unit rumah di Desa Limbangan Kulon, dan Wetan, Brebes, tergenang. Ketinggian air antara 50 cm hingga satu meter. Namun, sebagian warga enggan mengungsi, karena khawatir perabotan rumah akan hilang.

Saat ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengambil alih penanganan bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Brebes. Upaya yang pertama kali untuk menangani banjir di Kabupaten Brebes adalah menurunkan alat-alat berat ke lokasi bencana banjir guna menutup sejumlah titik tanggul Sungai Pemali yang jebol. (TC)

LEAVE A REPLY