Aksi Bela Rakyat, BEM SI kembali datangi Istana Negara

0
236
Aksi BEM Seluruh Indonesia di Jakarta. Foto : BEM SI.

JAKARTA, TERKINI.COM- Ratusan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) hari ini serentak diberbagai kota menggelar aksi unjuk rasa, yang mereka namanya Aksi Bela Rakyat 121, termasuk di Jakarta.

Di Jakarta, aksi BEM SI di pusatkan di depan Istana Negara, Jalan Merdeka Barat. Mereka berasal dari berbagai kampus di Jabodetabek seperti UNJ, IPB Bogor, Politeknik Negeri Jakarta, Univ.Att Tahiriyah, Univ. Yarsi, BSI, STIE Tazkia.

Dalam aksinya mereka membentangkan spanduk putih bertuliskan, ” Tolak Kenaikan Tarif BBM, Listrik, PNBP,”. Spanduk lainnya bertuliskan, “Hati Pemerintah Mati, Mahasiswa Bersama Rakyat.

Aksi mahasiswa sempat ricuh di Jalan Merdeka Barat sekitar pukul 14.50 WIB (12/01/2017). Saat itu mahasiswa langsung naik pitam lantaran tidak diperbolehkan aksi di depan istana.

Ratusan mahasiswa dari berbagai BEM-SI memaksa dan berupaya merangsek ke depan Istana Negara. Mereka meneriakan ‘reformasi’ sambil mendesak barikade Polwan. Tak kuat menahan ‘gempuran’ mahasiswa, barikade Polwan pecah dan lari.

Benturan memang tidak bisa dielakkan antara rombongan massa yang begitu banyak dengan barikade Polwan. Saat barikade polwan pecah dan lari berhamburan, terlihat ada anggota polwan yang menangis, ada juga yang terjatuh dan nyaris terinjak massa pendemo.

Laju massa mahasiswa ini kemudian terhenti di barisan barikade Polisi Dalmas. Mahasiswa dihadang untuk masuk ke daerah ring istana. Saat ini aksi massa masih tertahan di Jalan Merdeka Barat, depan Gedung Kemenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan.

Setelah memecah barikade Polwan, massa yang dari BEM-SI Sejabodetabek melanjutkan orasinya, didepan barikade polisi.

Koordinator aksi bela rakyat 121, Ikhsan Munawar, mengatakan, pihaknya mendesak untuk bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo untuk menyampaikan tuntutan mereka.

Iksan menyatakan pihaknya sudah menyampaikan surat resmi kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno terkait niat mereka untuk bertemu Jokowi.

Aksi BEM SI hari ini ini jadi trend topik di jagat social media twitter dengan hastag#AksiBelaRakyat121 (SJ/VC/KC/TC)

LEAVE A REPLY