Ahok Divonis 2 Tahun Penjara, Hakim Perintahkan Ditahan

0
96
Sidang penodaan agama. Foto : Kompas.com

JAKARTA, TERKINI.COM– Setelah melalui 21 kali persidangan yang selalu diwarnai demonstransi, akhirnya Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara membacakan putusan terhadap kasus penistaan agama yang menyeret Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Auditorium Kementan, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Ketua Majelis Hakim PN Jakut Dwiarso Budi Santiarto membacakan putusannya di hadapan jaksa, kuasa hukum dan terdakwa. Dalam amar putusannya, mereka menimbang bahwa Ahok telah terbukti bersalah.

“Menyatakan terdakwa terbukti secara sah meyakinkan bersalah menoda agama, menjatuhkan pidana dengan pidana penjara dua tahun, terdakwa ditahan, mengajukan barbuk dan membebankan biaya perkara 5 ribu kepada terdakwa,” tegasnya. Putusan ini lebih tinggi dari tuntutan jaksa yakni setahun dengan dua tahun masa percobaan. Pasal yang dikenakan juga sesuai isi dakwaan yakni Pasal 156a tentang penodaan agama, bukan alternatif Pasal 156.

Berdasarkan vonis tersebut, AhokĀ  langsung ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Sementara itu Ahok mengajukan banding atas vonis pidana penjara selama dua tahun yang diputuskan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara. “Kami akan melakukan banding yang mulia,” kata Ahok. (TC)

LEAVE A REPLY