Harga Bitcoin Turun Tajam, ini Penyebabnya

News Tekno Terkini

JAKARTA, TERKINI.COM – Harga bitcoin (BTC) masih menunjukkan kecenderungan merah pada perdagangan hingga Selasa (09/07/2024). Beberapa sentimen telah menekan harga bitcoin sejak pekan lalu, menciptakan suasana yang tidak pasti di pasar kripto.

Menurut data dari Coinmarketcap, harga bitcoin mengalami penurunan sebesar 0,62 persen dalam 24 jam terakhir. Selama seminggu terakhir, harga bitcoin bahkan tercatat turun sebesar 9,06 persen. Saat ini, bitcoin diperdagangkan sekitar USD 57.098 atau sekitar Rp 928,24 juta (dengan kurs rupiah sekitar 16.257 per USD).

Decrypt melaporkan bahwa bitcoin turun 6 persen menjadi USD 54.600 atau sekitar Rp 887,98 juta pada akhir pekan, meskipun berhasil sedikit memulihkan kerugian sejak akhir pekan sebelumnya.

Kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar ini bahkan turun ke level terendahnya, mencapai USD 54.000 pada Jumat pekan ini, menurut data dari Decrypt seperti dikutip Terkini.com dari Liputan6.com (09/07/2024).

Beberapa faktor yang masih menjadi hambatan untuk bitcoin termasuk ketidakpastian di pasar kripto secara umum, potensi tekanan jual yang mungkin berasal dari pemerintah Jerman, serta masalah pembayaran kepada kreditur Mt.Gox yang mencapai 127.000 orang menunggu dana kripto mereka setelah kebangkrutan platform tersebut.

Meskipun sempat mengalami reli singkat untuk mendekati kembali level USD 58.000 pada Minggu, 7 Juli 2024, bitcoin kembali turun dan diperdagangkan pada titik terendahnya sejak akhir Februari.

Pemerintah Jerman sendiri diketahui memiliki kepemilikan bitcoin sebanyak 39.826 BTC senilai USD 2,2 miliar, menurut data dari Arkham Intelligence. Sementara itu, para pengguna bursa Jepang Mt.Gox yang telah tidak beroperasi sedang menantikan dana sebesar USD 7,7 miliar yang hilang akibat peretasan lebih dari sepuluh tahun yang lalu.

Proses pembayaran kembali kepada kreditur Mt.Gox diharapkan akan dimulai bulan ini setelah persiapan yang dilakukan untuk penyaluran dana. Bursa yang sudah tidak berfungsi ini berencana untuk mencairkan sekitar 142.000 BTC dan 143.000 Bitcoin Cash.

“Meskipun belum jelas seberapa besar bagian dari distribusi keseluruhan yang akan dijual di pasar, kehadiran jumlah kripto yang signifikan ini akan menambah tekanan penjualan terhadap bitcoin,” seperti yang disampaikan dalam laporan terbaru dari K33 Research mengenai kreditur Mt.Gox (L6/TC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *