Kebakaran Hutan Melanda Taman Nasional Bromo Tengger, 50 Hektar Lahan Terbakar

Lingkungan News Terkini

Kondisi lahan terbakar di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Minggu (23/6). Foto: BPBD Kabupaten Pasuruan

PASURUAN, TERKINI.COM – Kebakaran hutan melanda kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tepatnya di area Gunung Batok, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Selasa (18/6/2024).

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 17:30 WIB menghanguskan sebagian wilayah di Desa Mororejo, Podokoyo, dan Dusun Kandangsari.

Kondisi hutan yang kering karena musim kemarau panjang menjadi pemicu cepatnya penyebaran api. Hingga saat ini, pihak berwajib masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran ini, apakah karena faktor alam atau ulah manusia.

BPBD Kabupaten Pasuruan bersama instansi terkait telah bergerak cepat dengan membentuk tim gabungan untuk memadamkan api menggunakan alat gepyok dan jetshooter. Abdul Muhari, Ph.D., Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, mengonfirmasi bahwa evakuasi warga sekitar telah dilakukan untuk memastikan keselamatan mereka. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini meskipun kerugian materil mencapai 50 hektar lahan terbakar.

“Hari ini, tim gabungan terus melakukan pemantauan aktif dan pemadaman, sambil memastikan tidak ada titik api baru yang muncul,” ujar Abdul Muhari kepada Terkini.com (24/06/2024).

Saat ini, kepulan asap masih terlihat di sekitar sisi barat Gunung Batok, meskipun upaya pemadaman telah membuahkan hasil dengan penurunan titik panas yang terpantau. Cuaca yang cerah di lokasi kejadian mendukung upaya penanganan kebakaran ini.

Muhari menegaskan pentingnya kewaspadaan masyarakat setempat untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran, seperti pembakaran sampah atau aktivitas lainnya yang melibatkan api terbuka di area hutan (Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *