Israel Bersiap Perang, Kemenlu Kuwait Minta Warganya Tinggalkan Lebanon

Internasional News Terkini

Patroli di sepanjang perbatasan Lebanon dan Israel oleh pasukan perdamaian PBB. Foto :UN.

DUBAI, TERKINI.COM – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Kuwait telah mengeluarkan peringatan kepada seluruh warga negaranya yang berada di Lebanon untuk segera meninggalkan negara tersebut mengingat meningkatnya ketegangan dengan Israel.

Langkah ini diambil menyusul eskalasi konflik antara Israel dan gerakan perlawanan Hamas di Palestina pada Oktober 2023 yang berdampak pada situasi keamanan di perbatasan Lebanon-Israel.

Kantor Berita Kuwait (KUNA) melaporkan bahwa Kementerian Luar Negeri Kuwait menyarankan agar warga Kuwait segera meninggalkan Lebanon demi keselamatan mereka sendiri, kecuali jika keberadaan mereka di sana benar-benar diperlukan. Maskapai penerbangan Kuwait Airways juga telah menambah kapasitas kursi pada penerbangan ke Beirut untuk mengakomodasi kebutuhan evakuasi warga.

“Situasi di perbatasan Israel-Lebanon semakin tegang setelah Israel mengumumkan rencana operasional untuk potensi serangan di Lebanon,” demikian disampaikan dalam pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Kuwait.

Pertempuran antara Tentara Israel dan kelompok Hizbullah Lebanon yang mendukung perlawanan Palestina juga telah meningkatkan ketegangan di kawasan tersebut. Saling baku tembak senjata antara kedua belah pihak telah menjadi peristiwa rutin di perbatasan.

Kementerian Luar Negeri Kuwait menekankan bahwa langkah evakuasi ini dilakukan dalam upaya untuk melindungi keselamatan warga Kuwait di tengah kondisi keamanan yang tidak menentu di Lebanon. (Sputnik/Ant/TC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *