Presiden Jokowi Kecam Tindakan Israel di Rafah, Palestina

Internasional News Terkini

JAKARTA, TERKINI.COMPresiden Joko Widodo secara tegas mengecam serangan militer Israel yang menghantam kota Rafah di Palestina.

Pernyataan keras ini disampaikan dalam sebuah keterangan pers di Kota Dumai, Riau, pada Sabtu (01/06/2024) sebagai tanggapan terhadap eskalasi kekerasan yang baru-baru ini terjadi.

“Saya ingin mengulangi bahwa Indonesia mengecam keras serangan Israel ke Rafah,” tegas Presiden Jokowi dalam pernyataannya.

Presiden juga menekankan pentingnya Israel mematuhi hukum internasional, terutama perintah dari Mahkamah Internasional untuk menghentikan ofensif mereka terhadap Palestina.

“Israel harus mematuhi Mahkamah Internasional dan menghentikan serangan mereka terhadap Palestina,” tambahnya.

Kecaman ini mencerminkan sikap teguh Indonesia terhadap pelanggaran hak asasi manusia dan hukum internasional, serta dukungannya terhadap perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah.

Sebelumnya, Mahkamah Internasional telah memerintahkan Israel untuk menghentikan serangan mereka di Rafah. Putusan tersebut, yang diumumkan pada Jumat (24/05/2024), menekankan perlunya Israel menjaga akses ke Gaza tanpa hambatan bagi bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan.

“Pemerintah Israel harus mengambil langkah-langkah efektif untuk menjamin akses tanpa hambatan bagi bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza,” bunyi putusan Mahkamah Internasional.

Pernyataan dan putusan ini menyoroti pentingnya menjaga perdamaian dan kemanusiaan di wilayah yang dilanda konflik, serta menekankan bahwa pelanggaran terhadap hukum internasional tidak akan ditoleransi (Marwan Aziz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *