Heru Apresiasi Program Kolaborasi Penanaman Pohon di Jakarta untuk Masa Depan Bumi

Lingkungan News Terkini

JAKARTA, TERKINI.COM- Sebagai upaya melestarikan lingkungan, Pemprov DKI Jakarta terus aktif menambah upaya penanaman pohon di berbagai wilayah Jakarta. Hari ini, Selasa (21/3) Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono hadir dan meresmikan kegiatan tanam pohon yang diinisiasi oleh Grab Indonesia bersama BenihBaik.com dan World Resources Institute (WRI) Indonesia di Taman Cempaka Cipayung, Jakarta Timur.

Pj. Gubernur Heru mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Ia mengatakan, pelestarian lingkungan merupakan tugas dan tanggung jawab bersama sebagai upaya menangani masalah krisis iklim dunia. Kolaborasi lintas sektor antara pemerintah, pemangku kepentingan, dan masyarakat harus terus terjalin dengan baik, agar program ini dapat berjalan lancar dan manfaatnya optimal bagi keberlangsungan pelestarian kota.

“Melakukan berbagai upaya pelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab kita semua, menjadi tugas kita bersama demi keberlangsungan kota yang lebih asri dan bersih. Kita sudah perbanyak tanam pohon-pohon di berbagai lokasi di Jakarta, dan sekarang saya menyaksikan lagi bertambahnya penanaman pohon di Jakarta. Mari bersama kita lestarikan, kita rawat dengan baik,” kata Heru.

Heru mengharapkan semua lapisan masyarakat bisa mengikuti kegiatan untuk menghijaukan Kota Jakarta, sehingga dapat mencapai target penurunan emisi karbon yang telah ditentukan pemerintah pada 2060 mendatang. Tidak hanya itu, dengan banyaknya kegiatan penanaman pohon, maka masyarakat juga dapat menikmati hijaunya Kota Jakarta.

“Ini membuktikan seluruh lapisan masyarakat mencintai penghijauan. Karena itu saya berterima kasih kepada pengemudi dan masyarakat. Sekali lagi terima kasih atas dukungannya untuk kepentingan kita semua, untuk masyarakat bisa hidup sehat,” ujarnya.

Kegiatan tanam pohon yang berlangsung hari ini merupakan program Langkah Menanam Pohon yang menjadi salah satu bagian dari kampanye #LangkahHijau yang diusung oleh Grab Indonesia sejak tahun 2019. Hingga akhir Desember 2022, sebanyak 125.000 pohon baru telah dan sedang ditanam di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di antaranya penanaman 30.000 pohon bakau di area Kepulauan Seribu.

Dalam acara yang sama, Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menambahkan, aksi tanam pohon di Jakarta Timur bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta hari ini merupakan keberlanjutan komitmen jangka panjang dari Grab Indonesia untuk dapat memberikan kontribusi bagi lingkungan. Hal ini juga merupakan bentuk tanggung jawab atas amanah dari para pengguna Grab yang telah berpartisipasi dalam Dana Tanam Pohon di berbagai layanan yang ditawarkan oleh Grab.

“Adapun Dana Tanam Pohon merupakan fitur teknologi untuk memberikan kontribusi dana sukarela yang dapat dipilih oleh pengguna untuk melakukan pengimbangan jejak karbon (carbon offsetting) bagi setiap penggunaan layanan perjalanan Grab mereka dengan jumlah Rp 200 untuk kendaraan beroda dua, dan Rp 500 untuk kendaraan beroda empat. Donasi pengguna yang dikelola oleh BenihBaik.com ini kemudian digunakan untuk dana tanam pohon untuk pemeliharaan serta pemantauan pohon yang dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk WRI Indonesia,” terang Ridzki.

Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan penanaman 100 pohon tabebuya dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, yang dilakukan di Taman Cempaka Cipayung dan Hutan Kota Cilangkap, 504 pohon pelindung dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota di Waduk Pondok Ranggon, serta 135 pohon (tabebuya, trembesi, dan sawo kecik) dari Grab Indonesia bersama BenihBaik.com dan WRI Indonesia.

Sementara itu, Founder & CEO BenihBaik.com Andy F Noya menerangkan, kolaborasi Grab Indonesia dan BenihBaik.com ini menjadi salah satu upaya penghijauan yang memanfaatkan teknologi yang dekat dengan para pengguna Grab, untuk terus bisa mendorong masyarakat luas supaya bisa berkontribusi pada lingkungan dengan cara yang mudah, sehingga mulai dari langkah sederhana, bisa bermanfaat untuk hidup bumi nantinya. Sedangkan Program Director WRI Indonesia Arief Wijaya mengharapkan, inovasi dan kolaborasi ini dapat menginspirasi banyak pihak untuk turut serta melestarikan lingkungan.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Bayu Meganthara, Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar, Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Yudhistira Nugraha, Kepala Biro Kerja Sama Daerah Marulina Dewi, Founder & CEO BenihBaik.com, Andy F Noya, dan Program Director WRI Indonesia Arief Wijaya (Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *