Indeks Harga Saham Gabungan BEI Pagi Ini Dibuka Menguat

Bisnis News Terkini

JAKARTA, TERKINI.COM- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa pagi dibuka menguat mengikuti kenaikan bursa saham regional Asia.

IHSG dibuka menguat 21,05 poin atau 0,29 persen ke posisi 7.275,52, sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 3,97 poin atau 0,38 persen ke posisi 1.036,76.

“Untuk hari ini kami memperkirakan IHSG bergerak mixed cenderung melemah, dipengaruhi oleh antisipasi investor terhadap perlambatan ekonomi menyusul kenaikan suku bunga yang agresif di global, kecenderungan melemahnya nilai tukar rupiah akibat penurunan likuiditas valas, serta aksi profit taking investor setelah penguatan IHSG yang berlanjut,” tulis Tim Riset Panin Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Selasa.

Bursa saham AS kemarin menguat didorong optimisme investor terhadap inflasi di AS yang berpotensi turun selama dua bulan berturut-turut namun pertumbuhan pendapatan di AS tetap di sekitar 8 persen.

Selain itu, penguatan saham AS juga didorong perkembangan harga energi yang cenderung melandai seperti minyak dan batu bara.

Kebijakan bank sentral AS The Fed yang tetap agresif dengan potensi menaikkan suku bunga sebanyak 75 basis poin pada Komite Pasar Terbuka Federal atau FOMC September ini juga menopang bursa.

Sementara itu, pasar saham Eropa kemarin ditutup kompak melanjutkan penguatan, ditopang oleh melandainya harga energi dan aktivitas konsumsi dan produksi di Eropa yang terus menguat (Ant/TC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.