Perdagangan Saham di IHSG BEI Dibuka Melemah Ke posisi 7.150,42

Bisnis News Terkini

JAKARTA, TERKINI.COM- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal pekan diperkirakan bergerak konsolidatif di tengah fokus pelaku pasar ke Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang dimulai hari ini.

IHSG dibuka melemah 22,02 poin atau 0,31 persen ke posisi 7.150,42. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 4,26 poin atau 0,42 persen ke posisi 1.018,73.

“Untuk hari ini IHSG diperkirakan bergerak datar konsolidasi. Perhatian pasar akan difokuskan pada agenda Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang akan berakhir pada Selasa besok,” tulis Tim Riset Surya Fajar Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Senin.

Berdasarkan konsensus, Bank Indonesia diperkirakan mempertahankan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate di level 3,5 persen.

Namun di sisi lain, kekhawatiran muncul terkait potensi kenaikan harga BBM bersubsidi yang akan meningkatkan inflasi dan membuat Bank Indonesia harus lebih dahulu menaikkan suku bunga acuannya.

Dari eksternal, bursa saham Amerika ditutup melemah pada perdagangan akhir pekan lalu. Pelaku pasar merespon negatif pernyataan dari salah satu pejabat The Fed, James Bullard yang mengindikasikan bahwa bank sentral masih akan melanjutkan kenaikan suku bunga acuan dalam jangka pendek (Ant/TC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.