Pemerintah Larang Ekspor Minyak Goreng dan Bahan Bakunya, Ini Respon GAPKI

Bisnis News Terkini

JAKARTA, TERKINI.COM- Untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng dalam negeri, Presiden Jokowi telah melarang ekspor minyak goreng dan bahan bakunya.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) pun menyatakan dukungan terhadap kebijakan larangan ekspor minyak goreng dan bahan bakunya yang ditetapkan Presiden Joko Widodo.

“Kami sebagai pelaku usaha perkelapasawitan mendukung setiap kebijakan pemerintah terkait sektor kelapa sawit. Kami menghormati dan akan melaksanakan kebijakan seperti yang disampaikan oleh Presiden,” kata Ketua Bidang Komunikasi Gapki Tofan Mahdi dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat.

Tofan menyampaikan Gapki akan memonitor perkembangan di lapangan setelah berlakunya kebijakan tersebut.

“Kami mengajak seluruh pemangku kepentingan dalam mata rantai industri sawit untuk memantau dampak kebijakan tersebut terhadap sektor keberlanjutan usaha sektor kelapa sawit,” kata Tofan.

Jika kebijakan tersebut membawa dampak negatif kepada keberlanjutan usaha sektor kelapa sawit, lanjut Tofan, maka Gapki akan memohon kepada pemerintah untuk mengevaluasi kebijakan tersebut.

Diketahui Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa Pemerintah Indonesia akan melarang ekspor minyak goreng dan bahan bakunya yang diberlakukan mulai Kamis, 28 April 2022, hingga batas waktu yang belum ditentukan (Ant/TC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.