Jakarta Jadi Tuan Rumah Parade MotoGP

News Sport Terkini

JAKARTA, MEDIAJAKARTA.COM-Bila Mandalika, NTB jadi tuan rumah ajang pertandingan MotoGP,  Jakarta hari ini kebagian acara Parade MotoGP yang dimulai dari Istana Negara hingga Bundara Hotel Indonesia (HI).

Setidaknya akan ada 20 pembalap yang bakal berpartisipasi dalam parade menyambut MotoGP Indonesia. Mereka akan melewati rute pendek, dari Istana Merdeka dan berakhir di Hotel Kempinski, Rabu (16/3/2022).

Menurut keterangan Dorna beberapa waktu lalu, para pembalap yang mengikuti agenda tersebut terdiri dari 16 rider MotoGP, termasuk Marc Marquez, duo Ducati Francesco Bagnaia dan Jack Miller, ditambah  2 perwakilan Moto2, 1 Moto3 dan 1 Idemitsu Asia Talent Cup.

Acara dimulai dengan pertemuan para rider bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Mereka akan sarapan bersama sambil berbincang-bincang.

Jokowi yang kabarnya akan memimpin konvoi dinyatakan batal. “Tidak ada konvoi yang dihadiri presiden. Kalau pembalap konvoi menuju titik lain silakan,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Selasa (15/3), dikutip dari CNN Indonesia.com.

Setelah itu, presiden bakal melakukan pelepasan sekitar pukul 10.00 WIB dan dijadwalkan rampung 1 jam kemudian. Dalam parade akan turun 80 motor, di mana 20 ditunggangi perwakilan balap grand prix  dan 60 lainnya dari beragam pabrikan di Indonesia, yang mengikuti MotoGP. Kabarnya ada 2 rider Indonesia yang tergabung dalam rombongan tersebut.

Dari Istana Merdeka, rombongan akan melintasi Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan MH Thamrin dan berakhir di Hotel Kempinski.

Puluhan personel Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Pusat akan disiagakan membantu kelancaran Parade MotoGP tersebut.

Kepala Sudinhub Jakarta Pusat, Wildan Anwar mengatakan, saat Parade MotoGP mulai pukul 10.00 WIB ruas jalan dari arah Istana Negara menuju Bundaran HI akan ditutup.

“Kami mengerahkan 40 personel. Setiap persimpangan menuju arah Bundaran HI ada yang menjaga dua hingga empat orang. Kami sudah bersiaga di lapangan mulai pukul 08.00,” ujarnya seperti dikutip Terkini.com dari laman resmi Pemprov DKI Jakarta, Rabu (16/3).

Ia meminta, masyarakat pengguna jalan untuk mematuhi rekayasa lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan.

“Silakan menggunakan ruas jalan alternatif. Kami juga akan bahu-membahu dengan instansi terkait agar rangkaian acara menuju MotoGP Mandalika ini berjalan aman dan lancar,” tandasnya (MJ/TC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.