Kamis, Desember 08, 2022

BMKG Prediksi Sebagian Wilayah Indonesia Bakal Diguyur Hujan

Lingkungan News Nusantara Terkini
Ilustrasi hujan. Foto : Antara.

JAKARTA, TERKINI.COM- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat meliputi sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Kamis.

Menurut ikhtisar cuaca harian yang disiarkan di laman resmi BMKG, hujan lebat berpeluang terjadi di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Lampung, Banten, Jawa  Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Hujan lebat juga diprakirakan turun di wilayah Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Menurut BMKG, hujan yang disertai petir atau kilat berpotensi turun di Aceh, Riau, Jawa Barat, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Selain itu, angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 km per jam diprakirakan meliputi wilayah Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

BMKG menyampaikan peringatan mengenai potensi banjir di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jawa Barat, DKI  Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat juga diprakirakan turun di sejumlah kota besar di Indonesia pada Kamis siang dan malam.

Kota Yogyakarta berpeluang mengalami hujan sedang pada siang hari dan hujan ringan pada malam hari, Gorontalo menghadapi hujan ringan siang hingga malam, Bandung berpotensi hujan pada siang dan malam hari, Surabaya dan Pontianak diprakirakan mengalami hujan ringan pada siang hari, serta Banjarmasin dan Palangka Raya berpeluang mengalami hujan ringan dari siang hingga malam.

Hujan dengan intensitas sedang diprakirakan turun di Samarinda pada siang hari; hujan berpetir berpeluang terjadi di Tarakan pada malam hari; serta hujan ringan diprakirakan meliputi Pangkal Pinang pada siang hari, Tanjung Pinang dari siang hingga malam, Bandar Lampung pada malam hari, dan Ambon pada siang hari.

Kota Mataram berpeluang mengalami hujan sedang pada siang hari, Kupang menghadapi potensi hujan sedang pada siang hari dan hujan ringan pada malam hari, Pekanbaru berpeluang mengalami hujan sedang di siang hari, Makassar dan Manado diprakirakan mengalami hujan ringan pada siang hari, Medan berpeluang mengalami hujan sedang di siang hari dan hujan ringan di malam hari, dan Mamuju diprakirakan menghadapi hujan lebat dari siang sampai malam (Ant/TC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *